24
Mar
10

Memasak dan Menata Rumah

Seorang wanita dengan karunia Allah berupa kehalusan perasaannya bisa menjadikan rumah tangganya bagaikan surga keluarganya.

Tips bisa Memasak
Niatkan karena untuk ibadah pada Allah melalui aktivitas ini

pelajari tingkatan memasak dari yang mudah hingga lanjut. contoh: untuk masakan dari Gorengan-Tumisan-Sup-Santan-Pepes. Untuk membuat kue dari : agar/puding-kue kering-bolu-lapis-hingga kue cita rasa dan tehnik hias tart

Biasakan mencoba resep dari mereka yang sudah pernah memasaknya langsung karena kadang tiap masakn punya trik tersendiri (pengalaman mereka adalah nilai mahal untuk kita yang baru belajar). Bila mencoba resep baru dari buku atau majalah, baiknya konsul dengan mereka yang sudah lebih lihai didapur (mbok, ibu, atau teman)

Jangan pernah putus asa ketika ada kegagalan saat proses, karena kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda.

Biasakan saat proses memasak tidak menumpuk cucian bekas alat masak karena mengakibatkan karena memasak 1 macam menu, tapi dapur terlihat seperti habis memasak 100 menu. Biasakan bersih dan hati2 ketika proses memasak.
masakan selesai, dapur tetap kinclong!

jangan termakan iklan bumbu instant atau penyedap. Boleh tetap menyiapkan dilemari stok bahan pangan bila keadaan darurat dibutuhkan (ada tamu dadakan or anything..). Saat menggunakan bumbu instant lihat komposisi bumbu, tambahkan bumbu fresh lainnya sesuai dengan list di komposisi bila memasak dengan jumlah yang lebih banyak dari saran penyajian.Jangan cepat menambahkan garam atau penyedap karena biasanya bumbu instant lebih asin dan berpenyedap. Jangan sungkan menambahkan bawang. Untuk meminimalisir penyedap, bisa diganti dengan menambah gula+garam. untuk sop2an kadang perlu sedikit penyedap.Bila tidak mau jangan ditambah gula,
bermainlah dengan aroma bawang putih/ bombay, merica, garam, daun seledri or bawang. pemakain penyedap yang rutin tidak baik untuk masa depan (apalagi otak anak2)

Bersihkan kompor dan lantai dapur setiap selesai proses memasak agar dapur tidak berbau dan berkerak.

Masukan kembali peralatan masak yang telah dicuci agar rak piring tidak menggunung dengan peralatan yang baru dipakai.

Koleksi yang rapi menu atau resep vavorit dibuku khusus.

Selebihnya…anda bisa mempunyai tips tersendiri bagaimana lezat memasak dan dapur tetap indah..Insya Allah suami dan anak2 makin sayang….

Tips menata Rumah
Pelajari standard rumah sehat meliputi tata ruang dan kondisi rumah kita sebenarnya
Jangan hobi membeli barang tanpa rencana dimana akan menyimpannya (jangan jadikan rumah kita Gudang Nasional)

Pilih warna2 cerah bila rumah kita mungil, jangan disekat dinding mengakibatkan makin sempit, pilih furniture yang mungil.
Biasakan menaruh barang kembali setelah memakainya agar tak payah saat membersihkan rumah.

Jadikan kesepakatan dengan suami dan anak untuk bertanggung jawab masing2 dengan barang-barangnya (alat-alat,buku,permainan). tidak sulit hanya harus sabar dan tak pernah bosan mengingatkan, khususnya untuk anak. Karena tiap anak dengan usianya memiliki kemampuan untuk memahami kesepakatan dengan orang tuanya. Tinggal kita menyesuaikannya.

Miliki waktu khusus yang disepakati dengan suami dan anak untuk kerja bakti dirumah dan juga pembagian tugas kerja. Hal ini memudahkan pekerjaan dan membiasakan kebersihan dan keindahan rumah adalah tranggung jawab bersama.
Hal lainnya…bisa didapat dari pengalaman mengmalkan point2 diatas. Good luck!
Selamat menata hari untuk saudari-saudariku….
Wassallamu’alaikum wrwb…


0 Responses to “Memasak dan Menata Rumah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: